News

Kadokawa Berencana Membuat Studio CG Kelas Dunia Demi Penerbitan 40 Judul Anime Dalam Setahun

Laporan keuangan tahunan Kadokawa yang berakhir pada 31 Maret 2021 telah dirilis kepada publik pada 30 April lalu. Kadokawa mengumumkan kepada para investornya bahwa mereka menargetkan setidaknya 40 judul anime dalam satu tahun, meskipun cukup sulit mengingat pandemi covid-19 yang masih terus berlanjut.

Pada tahun 2020, Kadokawa mendapatkan penjualan bersih yang naik 2,6% dibandingkan tahun 2019. peningkatan terlihat di seluruh aspek bisnis dalam light novel, video, terutama video game, yang menunjukkan peningkatan laba operasional sebesar 114,6%.

Salah satu bagian yang memiliki kinerja terbaik adalah bisnis penerbitan manga, novel dan lainya tercatat penjualan bersih meningkat sebanyak 10,5% sedangkan laba operasi meningkatkan 105,5%. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya penjualan selama masa lockdown, e-book menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi karena tidak memerlukan biaya produksi yang banyak sekaligus mudah untuk diedarkan, hal ini menjadi sesuatu yang sangat menguntungkan perusahaan.

Penjualan di luar jepang melalui Bookwalker Global juga meningkatkan sebesar 22%, sedangkan di Jepang salah satu segmen dengan kinerja tertinggi adalah seri isekai untuk perempuan.

Di bagian audiovisual termasuk proyek anime dan live action penjualan mengalami penurunan sekitar 8,2% meski laba operasional nya naik 1,7%. Hal ini diakibatkan oleh distribusi film yang menurun akibat penutupan bioskop. Namun, peningkatan laba usaha ini kembali naik berkat bisnis distribusi internasional yang dengan tidak mengeluarkan biaya sehingga dapat meningkatkan laba sebesar 22%.

Kadokawa Corporation juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah produksi anime dari 33 judul di tahun 202pl0 menjadi 40 judul di tahun 2022.  Perusahaan juga ingin meningkatkan keuntungan lisensi distribusi, serta bekerja sama dengan perusahaan raksasa seperti Sony dan CyberAGent untuk memproduksi lebih banyak game smartphone berdasarkan kekayaan intelektual mereka. Pendapatan dari lisensi naik 136% dari tahun 2020, dengan lisensi dan kolaborasi game smartphone meningkat 165% dari tahun ke tahun.

Sumber: ANN, Chruncyroll

0 0 votes
Rating Artikel
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
Roni
Roni
5 Mei 2021 20:52

Yuhu aibo

Back to top button